Perencanaan keuangan memerlukan proses untuk duduk bersama dengan perencana agar area-area keuangan yang perlu diatur dapat diketahui. Tingkatan dari perencanaan keuangan termasuk perlindungan kekayaan, akumulasi kekayaan dan distribusi kekayaan.

Tanpa melihat usia, ras, pengalaman bekerja dan situasi financial saat ini, perencanaan keuangan dapat diterapkan dan strategi-strategi yang diberikan dapat diaplikasikan agar anda dapat masuk kedalam jalur pertumbuhan finansial.

Samuel sudah menyelesaikan sertifikasi yang diselenggarakan oleh Financial Planning Standard Board (FPSB) Indonesia, dan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), serta bergerak dibawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Samuel bekerja dengan klien-kliennya dengan analisa kebutuhan dan membantu mereka untuk mengidentifikasi kebutuhannya dalam goal finansial mereka, dan menyediakan solusi-solusi untuk dapat mencapai goal mereka.

 

MEMBANGUN KEMITRAAN DENGAN ANDA

GEN-Y – MENABUNG DAN KELILING DUNIA!

Dapat dikatakan bahwa, hampir semua orang tidak akan menolak kesempatan untuk travelling. Permasalahannya adalah, bagaimana dan dimana kita perlu membangun sumberdaya, untuk memastikan kita dapat travelling sebanyak-banyaknya? Jika anda sudah mendapatkan financial headstart oleh orang tua anda, bagaimana anda menginvestasikan uang tersebut, untuk memastikan anda dapat travelling lebih lagi?

Kalau anda belum diberikan sumberdayanya atau financial headstart oleh orang tua anda, jangan berkecil hati! Masih ada beberapa strategi yang dapat dilakukan, bertujuan untuk menumbuhkan tabungan anda, jadi anda dapat travelling dan mengalami banyak budaya di dunia ini! Akhir kata, #YOLO, mengapa ga mulai dari sekarang?

PERENCANAAN KEUANGAN UNTUK PASANGAN MENIKAH

Ada sudah berkomitmen satu dengan yang lain dalam pernikahan, dan itu merupakan komitmen seumur hidup dan sebuah janji untuk bersama, tidak peduli apa masalah keuangan yang melanda. Apa sarana / alat yang tersedia, untuk memastikan kekayaan antara suami dan istri terlindungi?

Dapatkah anda memastikan jika kemampuan anda untuk menghasilkan pendapatan hilang hari ini, dan pasangan anda tidak perlu menanggung beban untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan untuk mendukung keluarga? Dalam konteks estate planning, apakah anda sudah memastikan likuiditas yang cukup dalam aset-aset yang anda miliki, dalam konteks financial emergency (darurat keuangan)? Mari berdiskusi mengenai isu-isu tersebut dan solusinya bersama.

PERENCANAAN KEUANGAN UNTUK ANAK-ANAK

Banyak orang tua menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya, dari momen mereka terlahir di dunia ini. Dalam konteks perencanaan keuangan, kita mendiskusikan area-area dan strategi untuk menyediakan perencanaan keuangan secara menyeluruh, yang menjaminkan awal yang layak diberikan kepada anak anda, di usia sedini mungkin, sampai mereka lulus dari universitas dan memulai karir mereka.

Tanpa keraguan, strategi-strategi ini dan beberapa rekomendasi akan didasarkan pada analisis dari sumberdaya dan kebutuhan anda. Kontak saya hari ini untuk konsultasi personal untuk membangun awal yang kuat untuk anak anda.

PERENCANAAN KEUANGAN UNTUK PENGUSAHA (BUSINESS OWNER)

Perhatian yang menyita para pengusaha adalah bisnis-bisnis yang dijalankan bergantung hampir menyeluruh pada ekspertis untuk menjalankan perusahaan. Apa yang terjadi jika pemilik perusahaan tidak hadir dalam perusahaan lagi? Apakah perusahaan memiliki aliran dana yang cukup untuk mempekerjakan individu dengan level ekspertis yang sama?

Dalam konteks Business Succession Planning atau kita juga kenal dengan Keyman and Golden Handcuff, apa jaminan yang dapat ditaruh untuk dapat memastikan nilai perusahaan dapat terlindungi? Bagaimana jika dengan bisnis partnership (joint business), dimana salah satu dari partner bisnis tidak ada lagi? Kita akan melihat utilisasi perjanjian jual-beli, untuk menciptakan transisi yang mulus.

INVESTASI DAN DIVERSIFIKASI KEKAYAAN

Kalau anda mendapatkan telepon dari Relationship Manager bank-bank, meminta anda untuk mendiversifikasi fund anda, atau anda sedang mencari alternatif investasi dari yang paling umum: Deposito, Unit Trust, Reksadana atau Properti, jangan sungkan untuk duduk dan berdiskusi sambil minum kopi, membahas tentang strategi diversifikasi kekayaan yang saya sudah rancang, hal itu mungkin bisa cocok dengan profil resiko dan sumberdaya anda.

Diversifikasi kekayaan bukan hanya menaruh uang ke beberapa instrumen investasi yang berbeda, tetapi juga memahami pro dan kontra dari masing-masing instrumen investasi. Mari duduk dan berdiskusi untuk melihat, apakah solusi yang diberikan dapat menciptakan akumulasi kekayaan anda.

PERENCANAAN PENSIUN

Berapa banyak nilai yang cukup untuk pensiun hari ini? Dengan biaya gaya hidup yang terus naik, banyak dari kita mungkin tidak tahu jawaban dari pertanyaan tersebut. Dengan banyak pengeluaran, bagaimana kita dapat menyisihkan sumberdaya-sumberdaya yang kita miliki untuk perencanaan pensiun?

Walaupun saat kita tahu, pertanyaan yang lebih besar adalah: Berapa banyak yang kita butuh tabung mulai hari ini? Dengan tujuan agar perencanaan pensiun dapat berjalan sesuai dengan rencana, pertama harus memiliki disiplin yang kuat untuk menyisihkan uang yang tidak mudah untuk diakses. Itu merupakan proses konstan antara konsultan dan klien untuk me-review setiap beberapa tahun, apakah mereka dalam jalur mereka. Mari kita bicara dengan santai, untuk menghadapi isu-isu yang dihadapi untuk pensiun, dan juga strategi-strategi yang bekerja untuk mencapai tujuan anda.