Part 4: Are You SMART Enough?

Punya tujuan finansial yang jelas itu penting banget. Tapi tahukah kamu yang lebih penting daripada itu? Ya! Dilakukan dong. Mau punya tujuan keuangan yang jelas tapi kalau kamu diam saja, mager, mau sampai kapan pun tujuan keuangan itu hanya akan jadi mimpi. So, setelah kamu belajar banyak tentang metode SMART, yang perlu kamu lakukan sekarang adalah praktik.

Buat apa tahu banyak tapi enggak dipraktekkin? Buat apa setiap hari dengerin podcast tentang keuangan, mantengin YouTube tentang finansial, tapi enggak dilakuin? Come on dong, bertindak, do something.

Tapi sebelumnya kami ingin kasih sedikit pengingat: Enggak semua tujuan finansial kita itu bisa terwujud. Ada kalanya kita perlu merevisi tujuan finansial kita. Ada kalanya kita hanya bisa mencapai 50% atau mungkin 10%. Engak apa-apa. Jangan juga jadi patah semangat. Inti dari punya tujuan finansial itu bukan masalah get what we want tapi supaya kita punya mental pejuang.

Ya, punya mental pejuang itu lebih penting daripada mendapatkan tujuan finansial kita. Karena waktu mental pejuang itu sudah terbentuk, kita bisa sukses di mana saja, kapan saja.

Samuel Christian Tjahyadi, CFP®

International Financial Advisor

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *